ANALISIS BIAYA PRODUK
Sekilas tentang Analisis Biaya Produksi
Secara umum biaya produksi dinyatakan sebagai Opportunity cost,
dalam pengertian Opportunity cost adalah sejumlah biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan manfaat.
Opportunity cost ini bisa seperti kost, Uang kuliah dll, yang seluruh biaya yang dikeluarkan dengan penggunaan input.
Opportunity cost di bagi menjadi dua(2)
1.Biaya langsung (direct cost) yang disebut juga Explicit cost
2.Biaya tidak langsung (indirect cost) atau implict cost
Ke dua kelompok biaya ini dinyatakan sebagai accounting cost.
Kombinasi penggunaan input prodksi untuk menciptakan output yang digunakan secara optimal sehingga pihak perusahaan dapat mengetahui apakah produksi yang diciptakan berada pada economies scale atau dis economies scale.
Saya akan mencoba menjelaskan :
1. OPPORTUNITY COST
Pada hakikatnya OP merupakan pengorbanan yang diberikan sebagai alternatif terbaik untuk memperoleh sesuatu hasil atau manfaat.
2.EXTERNAL COST dan SOCIAL OPPORTUNITY COST
Sejumlah biaya yang dikorbankan atau harus dibayarkan oleh produsen dalam menciptakan output.
3.BIAYA PRODUKSI
Ditinjau adalah biaya variabel maupun biaya tetap,
yaitu : Total Variabel cost (TVC), Total Fixed Cost (TFC)
Ini digunakan sebagai input variabel maupun input tetap,
Input variabel yaitu tenaga kerja, bahan baku, barang barang modal.
Input tetap yaitu beban sewa, biaya penysutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar