Selasa, 07 Mei 2013

WAHYU PERTAMA

Bismillah

Malaikat Jibril as. adalah malaikat yang ditugaskan Allah untuk menyampaikan Wahyu 


Wahyu Pertama 

Wahyu pertama yang diterima Nabi Muhammad ketika nabi sedang bersemedi (berkhalwah) di gua Hira, disaat itulah Malaikat Jibril datang dan berkata :

Yang artinya : 
Bergembiralah hai Muhammad, Saya adalah Jibril dan tuan adalah utusan Allah untuk ummat ini.

Lalu Jibril as. memerintahkan kepada Nabi Muhammad supaya membaca tetapi dijawab oleh Nabi Muhammad : saya tidak dapat membaca. Nabi Muahammad lalu diselimuti dengan selimut yang biasa dipakai Nya tidur, sehingga terasa sesak sekali. Setelah itu dibuka lagi. Jibril as. menyuruh Nabi Muhammad agar belia membaca, dan dijawab sebagaimana diatas. Dan Nabi Muhammad diselimuti lagi untuk yang kedua kalinya, lalu dibuka. Untuk ketiga kalinya Jibril as. menyuruh Nabi Muhammad membaca dan dijawab oleh Nabi tidak dapat membaca.dan diselimuti lagi yang ketiga kali, lalu dibuka. Kemudian Jibril as.membacakan wahyu yang pertama yang berbunyi  :

Artinya : 

-Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan (makhluk).
-Yang telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
-Bacalah Tuhanmu itu Maha pemurah.
-Yang mengajarkan tulis menulis dengan pena.
-Mengajar manusia apa-apa yang belum diketahuinya (AL ALAQ: 1-5)

Itulah wahyu yang pertama yang diturunkan oleh Allah awa. Kepada Nabi Muhammad saw.dengan perantara Malaikaat Jibril as.    


Pesan saya :
Dari kutipan saya di atas begitu jelas bahwasanya membaca adalah salah satu pondasi untuk mendapatkan pengetahuan, dengan membaca kita telah meniru Nabi Muhammad dan tentunya kita mendapatkan pahala, tapi bacaan yang kita baca adalah bacaan yang mengandung ilmu yang bermanpaat bagi diri kita dan bagi orang lain. Maka bacalah,   kalau ingin betul-betul menguasai bacaan yang kita baca, tuliskan kembali bacaan kita dengan pemikiran kita sendiri mudah mudahan itu akan mempercepat kita untuk memahami dan sekaligus kita membiasakan menulis, tips ini saya dapat dari bapak Hernowo saat bedah buku di salah satu toko islam di  medan. 

sekian kurang lebihnya saya mohon maaf. 

wassalam.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar